SubForm

 
Apakah Subform ?
Subform adalah form yang ditempatkan di form parent, disebut juga form utama. Subform terutama berguna untuk menampilkan data dari tabel dan queries yang mempunyai hubungan satu ke banyak. Untuk contoh, pada contoh dibawah, data pada form utama digambarkan dari item informasi tabel ketika isi subform semua dari pesanan untuk item. Arsip item adalah "Satu" bagian dari satu kebanyak hubungan ketika order "banyak" hubungan sejak banyak pesanan bisa ditempatkan untuk satu item.

[Sample Subform]
Sisa dari halaman ini menjelaskan tiga metode untuk membuat subform dan mereka berasumsi data tabel dan/atau queries telah dibuat.
Membuat Form dan Subform Sekaligus
Gunakan metode ini jika form telah dibuat. Form utama dan subform bisa dibuat secara otomatis dengan menggunakan wizard Jika table relationships diset dengan baik atau jika query yang disertakan berbagai tabel dipilih Contohnya, hubungan bisa diset antara isi tabel informasi pelanggan dan daftar salah satu order konsumen jadi order untuk masing-masing pelanggan ditampilkan bersama-sama dengan menggunakan form utama dan subform. Ikuti langkah berikut untuk membuat subform dalam form :
  1. Klik ganda Create form by using wizard pada database window.
  2. Dari Tables/Queries menu panah kebawah, pilih tabel pertama atau query dari form utama yang akan ditampilkan data. Pilih field yang muncul dalam form dengna menyorot nama field pada daftar Available Fields pada sebelah kiri dan klik tombol panah tunggal atau klik panah ganda >> untuk memilih semua field. .
    [Form Wizard]
  3. Dari jendela yang sama, pilih tabel lain atau query dari menu kebawah Tables/Queries dan piih field yang ditampilkan dalam form Next untuk melanjutkan setelah semua field telah dipilih.
  4. Pilih suatu pengaturan untuk forms dengan memilih form with subform(s) jika form ditampilkan pada halaman yang sama atau Linked forms jika ada banyak kontrol pada form utama dan subform akan tidak cocok Klik Next untuk memproses ke halaman berikutnya dari options.
    [Form Wizard]
  5. Pilih suatu bentuk tabel atau datasheet layout untuk form dan klik Next.
    [Form Wizard]
  6. Pilih style untuk form dan klik Next.
    [Form Wizard]
  7. Masukkan nama untuk form utama dan subform. Klik Finish untuk membuat forms.
    [Form Wizard]
  8. Arsip baru bisa dimasukkan ke du tabel atau queris sekaligus dengan menggunakan kombinasi form baru.
Subform Wizard
Jika form utama atau kedua form telah ada, Subform Wizard bisa digunakan untuk mengkombinasikan forms. Ikuti langkah berikut untuk menggunakan Subform Wizard:
  1. Buka form utama dalam Design View dan buat tombol Control Wizard [Control Wizard button] pada toolbox tertekan.
  2. Klik Subform/Subreport icon [Subform icon] pada toolbox dan tarik garis subform pada form utama. Subform Wizard kotak dialog akn muncul ketika tombol mouse dilepas.
  3. Jika belum dibuat, pilih "Use existing Tables and Queries". Cara lainnya, pilih form yang ada yang akan menjadi. Klik Next untuk melanjutkan
    [SubForm Wizard]
  4. Window dialog berikutnya akan muncul hubungan tabel yang diasumsikan Access. Pilih satu dari hubungan atau sesuai dengan keinginan anda dan klik Next.
    [SubForm Wizard]
  5. Pada kotak dialog terakhir, masukkan nama dari subform dan klik Finish.
Metode Drag-dan-Drop
Gunakan metode ini untuk membuat subform dari dua form yang telah ada. Yakinkan bahwa tabel hubungan telah ada dan diset sebelum mengikuti proses berikut :
  1. Buka form utama dalam Design View dan pilih Window|Tile Vertically ke tampilan keduanya database window dan form sisi ke sisi.
[Drag-and-Drop example]
  1. Drag form icon disamping nama subform ke dalam bagian detail dari form utama design.
[Drag-and-Drop example]

0 Komentar:

Posting Komentar

Saran dan Kritik bersifat membangun....
Gunakan kata-kata yang baik (berPendidikan)..
Makasi buat respon'nya Om/Tant ...
^^v

Artikel yang Berhubungan

 

Tukeran Link & Banner

::Link::

Abed GoBlog


::Banner::


SubForm