Report

Pengenalan Reports
Reports akan mengorganisir dan menggolongkan informasi dalam tabel atau query dan menyediakan jalan untuk mencetak data dalam database.
Menggunakan Wizard
Membuat report menggunakan Access' wizard dengan mengikuti langkah berikut :

  1. Klik ganda "Create report by using wizard" option pada Reports Database Window.
  2. Pilih sumber informasi untuk report dengan memilih tabel atau query dari Tables/Queries menu tombol kebawah. Lalu, pilih field yang akan ditampilkan dalam report dengan memindahkannya dari menu Available Fields ke jendela Selected Fields gunakan tombol panah kanan > untuk memindahkan satu field sekali atau tombol panah ganda >> untuk memindahkan semua field sekali. Klik tombol Next > untuk pindah ke layar berikutnya.
    [Report Wizard dialog box]
  3. Pilih fields dari daftar arsip yang harus digolongkan dengan mengklik tombol panah kanan. > untuk memasukkan fieldt ke diagram. Gunakan tombol Priority untuk mengubah perintah dari penggolongan field jika lebih dari satu field dipilih. Klik Next > untuk melanjutkan.
    [Report Wizard dialog box]
  4. Jika arsip harus disortir, mengidentifkasi sortiran harus disini. Pilih field pertama arsip harus disortir dan klik tombol sortir A-Z untuk memilih dari menaik atau menurun. Klik Next > untuk melanjutkan
    [Report Wizard dialog box]
  5. Pilih layout dan orientasi halaman untuk report dan klik Next >.
    [Report Wizard dialog box]
  6. Pilih warna dan graphic style untuk report dan klik Next >.
    [Report Wizard dialog box]
  7. Pada layar terakhir, beri nama report dan pilih untuk membukanya pada Print Preview atau Design View mode. Klik Finish untuk membuat report
    [Report Wizard dialog box]
Membuat dalam Design View
Untuk membuat report dari awal, pilih Design View dari Reports Database Window.
  1. Klik tombol New pada jendela Database Window. Sorot "Design View" dan pilih data report dari menu panah kebawah dan klik OK.
    [New Report window]
  2. Anda akan diberi grid kosong dengan kotak field dan element form toolbar untuk Design View untuk forms. Design report sangat banyak jalan untuk membuat form. Untuk contoh, klik ganda judul kotak field untuk mamasukkan semua field ke report sekaligus. Lalu, gunakan kursor tanda tangan pada element untuk mengubah ukurannya, pindahkan mereka ke lokasi yang berbeda, dan modifikasi penampilan report dengan menggunakan option pada formatting toolbar. Klik tombol Print View diatas, sudut kiri pada layar untuk melihat report.
    [form edit window]
Mencetak Reports
Pilih File|Page Setup untuk memodifikasi garis tepi halaman, ukuran, orientasi, dan setting kolom. Setelah semua berubah, cetak report dengan memilih File|Print dari menu bar atau klik tombol Print pada toolbar.

0 Komentar:

Posting Komentar

Saran dan Kritik bersifat membangun....
Gunakan kata-kata yang baik (berPendidikan)..
Makasi buat respon'nya Om/Tant ...
^^v

Artikel yang Berhubungan

 

Tukeran Link & Banner

::Link::

Abed GoBlog


::Banner::


Report