Form Controls

Halaman ini menerangkan penggunaan beberapa tipe form kontrol termasuk daftar, combo boxes, checkboxes, option groups, dan tombol perintah
List dan Combo Boxes
Jika membutuhkan ruang yang kecil, berupa angka gunakan Combo Box, menggunakan combo atau list boxes akan mempermudah dan mempercepat pemasukan data. Ada dua tipe kontrol berbeda dalam nilai angka yang mereka tampilkan. Daftar angka semua dtampilkan pada list box, jika menggunakan Combo Box perlu menggunakan panah ke bawah. seperti contoh dibawah.
Combo Box List Box
Dengan menggunakan combo atau list box, nama gedung sekolah tidak perlu diketik untuk semua arsip. Sebagai gantinya, dapat dilakukan dengan memilih dari list. Ikuti langkah berikut untuk memasukkan list atau combo box ke form:
  1. Buka form dalam Design View.
  2. Pilih View|Toolbox untuk melihat toolbox dan yakinkan tombol"Control Wizards"ditekan
  3. Klik list atau atau tombol combo box tool dan gambar garis batas pada form. Combo box wizard kotak dialog akan tampil.
  4. Pilih sumber untuk list atau combo box dan klik Next >.
    [Combo Box Wizard]
  5. Tergantung dari pilihan anda dalam kotak dialog pertama, pilihan berikutnya akan bervariasi. Jika anda memilih untuk look up values dari tabel atau query, Ikuti kotak akan muncul. Pilih table atau query dari nilai kotak combo. Klik Next > dan pilih fields dari tabel atau query yang dipilih. Klik Next >untuk memproses
    [Combo Box Wizard]
  6. Pada kotak dialog selanjutnya, set lebar combo box dengan mengklik dan mendrag ke tepi kolom. Klik Next >.
    [Combo Box Wizard]
  7. Kotak dialog berikutnya mengijinkan menerangkan access apa yang dilakukan dengan nilai yang dipilih. Pilih"Remember the value for later use" untuk menggunakan nilai dalam macro atau pilih field dimana nilai disimpan. Klik Next > untuk memproses ke layar terakhir.
    [Combo Box Wizard]
  8. Ketik nama yang akan muncul dalam kotak label dan klik Finish.
Check Boxes dan Tombol Option
Gunakan check boxes dan tombol option button untuk menampilkan nilai yes/no, true/false, or on/off. Hanya satu nilai dari group tombol pilihan yang bisa dipilih ketika beberapa atau semua nilai dari check box group telah dipilih. Artinya ada lima atau kurang pilihan yang ada yang bisa dipilih. Combo boxes atau lists harus digunakan untuk daftar yang pilihan yang panjang. Untuk memasukkan checkbox atau option group:
  1. Klik Option Group tool pada toolbox dan tarik daerah dimanan group akan ditempatkan pada form dengan mouse.. The option group wizard kotak dialog akan muncul.
  2. Pada jendela pertama, masukkan label untuk pilihan dan klik tombol tab ntuk masuk ke label. Klik Next > ketika label selesai diketik.
    [Option Group Wizard]
  3. Pada jendela selanjutnya, pilih nilai default jika ada dan klik Next >.
    [Option Group Wizard]
  4. Pilih nilai untuk options dan klik Next >.
    [Option Group Wizard]
  5. Pilih apa yang harus dilakukan dengan value dan klik Next >.
    [Option Group Wizard]
  6. Pilih type dan style dari option group dan klik Next >.
    [Option Group Wizard]
  7. Ketik untuk penggolongan dan option group dan klik Finish.
Tombol Perintah
Pada contoh ini, tombol perintah disamping arsip digunakan untuk membuka form yang lain.
  1. Buka form dalam Design View dan pastikan tombol Control Wizard button pada toolbox ditekan.
  2. Klik tombol perintah icon pada toolbox dan tarik tombol ke form. Command Button Wizard akan muncul.
  3. Pada jendela dialog pertama, kategori aksi akan muncul dalam daftar sebelah kiri sedangkan yang kanan masing-masing kategori aksi. Pilih action untuk tombol perintah dan klik Next >.
    [Command Button Wizard]
  4. Pada beberapa halaman berikutnya pilihan akan bervariasi berdasarkan pada action yang telah dipilih. Lanjutkan dengan memilih option untuk tombol perintah.
  5. Pilih tampilan gambar tombol dengan masuk ke caption text atau selecting a picture. Ceklist kotak Show All Pictures untuk melihat semua daftar gambar yang tersedia. Klik Next >.
    [Command Button Wizard]
  6. Masukkan nama untuk tombol perintah dan klik Finish untuk membuat tombol.

0 Komentar:

Posting Komentar

Saran dan Kritik bersifat membangun....
Gunakan kata-kata yang baik (berPendidikan)..
Makasi buat respon'nya Om/Tant ...
^^v

Artikel yang Berhubungan

 

Tukeran Link & Banner

::Link::

Abed GoBlog


::Banner::


Form Controls