Tips Membuat Content yang SEO Friendly

Saya sengaja memberikan tips membuat content yang SEO friendly karena saat membuat postingan kadang kita dihadapkan pada sebuah dilema. Yakni antara menyajikan content atau artikel yang enak dibaca dan SEO yang bagus. Sekedar sharing saja. Mudah-mudahan anda tidak bosan karena sudah cukup banyak content soal SEO yang diangkat blog ini. Seperti teknik dan tips SEO bagi pemula, latihan SEO untuk pemula, dll.Kembali ke topik utama. Kriteria artikel yang enak dibaca antara lain kalimatnya runtut, mudah dicerna, serta tidak mengulang-ulang kata/kalimat tertentu. Cuma, kalau kita SEO oriented, pakem itu sulit diterapkan. Sebaliknya jika content oriented, SEO-nya bablas angine alias gagal nembus top rank SERP. Bagaimana solusinya?

Misalnya anda hendak menulis pengalaman berlibur di Jogja. Jika content oriented, laporan perjalanan ke Kota Gudeg itu lebih maknyus jika ditulis dalam bentuk feature.
Contoh tulisan berbentuk feature postingan ini. Tapi model penulisan seperti itu SEO-nya kurang nendang. Sebab, SEO yang baik itu konon harus menempatkan keyword yang dibidik pada 200 kata pertama.

Jika saya menghadapi situasi seperti itu, saya biasanya mengambil jalan tengah agar secara content bagus, sekaligus secara SEO mengena. Contohnya pengalaman berlibur di Jogja tadi. Mungkin saya akan menembak keyword 'tempat-tempat wisata di Jogja'. Dan, potingan akan saya tulis seperti ini:

Malioboro, Keraton Jogja, Parangtritis. Itulah tempat-tempat wisata di Jogja yang saya kunjungi saat liburan pekan lalu. Ingin tahu kisah perjalanan wisata saya ke Jogja? Simak yang berikut ini. (Paragraf berikutnya hingga selesai baru ditulis dalam bentuk features).

Begitu pula pemilihan judul. Karena penjudulan juga mempengaruhi SEO, saya pun biasanya mengambil jalan tengah agar judul tetap 'berbicara', di sisi lain memenuhi pakem SEO.

Judul yang 'kurang berbicara' misalnya 'Berlibur ke Jogja'. Sedangkan judul yang 'berbicara' dan lebih 'menjual' contohnya 'Tiga Jam Menikmati Eksotisme Malioboro'.

Untuk kasus di atas mungkin saya akan memilih judul 'Indahnya Tempat-Tempat Wisata di Jogja'. Untuk mengoptimalkan judul, anda juga bisa memanfaatkan wordcounter. Caranya kopi paste artikel yang akan diposting, lantas klik 'Go'. Pilih kata yang banyak muncul untuk dimasukkan pada judul sesuai keyword yang dibidik.

Sekian, semoga bermanfaat.

Sumber. http://wawanwae.blogspot.com/

0 Komentar:

Posting Komentar

Saran dan Kritik bersifat membangun....
Gunakan kata-kata yang baik (berPendidikan)..
Makasi buat respon'nya Om/Tant ...
^^v

Artikel yang Berhubungan

 

Tukeran Link & Banner

::Link::

Abed GoBlog


::Banner::


Tips Membuat Content yang SEO Friendly