Membuat Database Baru Ms.Access 2007

Berikut merupakan contoh mudah dalam pembuatan database baru (blank database) di Microsoft Access 2007. Ini marupakan langkah paling dasar dalam pengoperasian Ms. Access.
  1. Buka Ms. Access
  2. Pada halaman Getting Started with Microsoft Office Access,klik Blank Database.
  3. blank_database
  4. ketik nama file dalam kotak File Name.Jika anda tidak mengetik apapun,  Access akan menambahkannya untuk anda. Lokasi file bawaannya adalah sebagai berikut : Microsoft Windows Vista c:\Users\user name\Documents Microsoft Windows Server 2003 atau Microsoft Windows XP  c:\Documents and Settings\user name\My Documents

    Untuk mengubah lokasi penyimpanan file, klik Browse di sebelah kotak fileName, anda bisa memilih lokasi yang baru, dan kemudian klik OK.

  5. Klik create
    MS. Access
    akan membuat database, dan kemudian membuat table kosong dalam bentuk datasheet view
  6. Ms. Access akan menempatkan kursos di cell kosong yang pertama di dalam kolom  add new field.
    membuat-tabel-baru
  7. Untuk menambah data, mulailah mengetik, atau anda juga bisa mengambil dari data lain
Catatan :
-          Memasukkan data dalam tampilan datasheet sangat mirip dengan memasukkan data di worksheet excel. Tetapi di dalam Ms. Access terdapat batasan di mana data harus di masukkan ke baris dan kolom secara contiguous, dimulai dari pojok kiri atas datasheet. Jangan sampai anda memasukkan baris atau kolom kosong seperti di Ms. Excell, karena akan menghabiskan space dalam table anda.

-          Struktur table akan dibuat pada saat data dimasukkan. Setiap saat anda membuat kolom baru, field baru akan dibuat. Ms. Access mengatur tipe data field berdasarkan tipe data yang anda masukkan.  Sebagai contoh, misalnya punya kolom yang sudah diisi hanya tanggal, Ms. Access akan mengatur tipe data dari field tersebut date/time. Jika kemudian anda memasukkan data yang bukan date(misalnya : no telpon), Ms. Access akan menampilkan pesan informasi bahwa isi data tersebut tidak cocok / sesuai dengan tipe data kolom / field. Jika mungkin, rancanglah table anda, sehingga setiap kolom berisi tipe data yang sama, entah itu dates, text, number, atau tipe data yang lain. Hal ini akan memudahkan dalam pembuatan query, form dan report yang hanya memilih data yang diinginkan.

Download Contoh Aplikasi Access 

Berikut adalah contoh aplikasi menggunakan MS. Access 2007 lengkap dengan form dan report nya
Silakan klik disini

0 Komentar:

Posting Komentar

Saran dan Kritik bersifat membangun....
Gunakan kata-kata yang baik (berPendidikan)..
Makasi buat respon'nya Om/Tant ...
^^v

Artikel yang Berhubungan

 

Tukeran Link & Banner

::Link::

Abed GoBlog


::Banner::


Membuat Database Baru Ms.Access 2007