Teknik SEO untuk Optimasi BLOG

Pembahasan soal SEO memang seolah tiada habisnya. Maklum saja, SEO adalah teknik atau cara cukup efektif untuk menarik visitor blog/website. Dan, setelah sekitar satu tahun ngeblog, saya jadi tahu lebih banyak lika-liku optimasi blog dengan SEO. Namun sebelum membahas SEO lebih dalam, saya akan memaparkan faktor-faktor yang mempengaruhi SERP. Tapi itu cuma berdasarkan pengalaman saya yang masih nubi ini. Dan, maaf jika sebagian sudah pernah saya kupas di postingan soal SEO terdahulu. SERP memang dipengaruhi beberapa faktor, antara lain:

1. Backlink.
Makin banyak backlink (bukan Backlinks lho), maka makin mudah masuk halaman pertama SERP. Banyak cara untuk mendapatkan backlink, misalnya bertukar link, berkomentar di blog lain, dsb.

2. Keyword dan judul postingan.
Usahakan judul postingan mengandung keyword yang anda bidik (meskipun kadang pakem ini membuat judul kurang enak dibaca). Teknik ini sering saya terapkan dan terbukti kerap berhasil. Termasuk pada postingan saya tentang Nadia Saphira. Hasilnya, keyword 'artis Nadia Saphira' nangkring di nomor 1 SERP dari 74.100 hasil penelusuran dan keyword 'artis sinetron cantik' di nomor 4 dari 198.000 hasil penelusuran (saat postingan ini saya tulis).

Yang perlu diketahui, makin banyak blog yang membidik keyword tertentu, maka makin berat pula peluang nembus top SERP. Nah, untuk blog baru atau jika anda merasa masih pemula cobalah nembak keyword 'sepi' dulu. Misalnya: tips memilih ketela. Bukan tips memilih durian, cewek, calon istri, dll yang sudah banyak diangkat dalam postingan.

3. Nama domain dan kompetitor.
Berdasarkan pengalaman saya yang punya 30-an blog (meskipun mayoritas gak keurus atau sekedar dummy blog), nama domain ternyata berpengaruh juga terhadap SERP. Apalagi kalau topiknya belum banyak dilirik. Contoh: blog saya tentang modifikasi motor ini SERP-nya nendang banget, karena (dari analisa ngawur saya) mungkin belum banyak blog sejenis dengan fokus artikel soal modifikasi motor. Sebaliknya, blog tentang Friendster ini SERP-nya termehek-mehek, karena mungkin sudah banyak blog sejenis seputar FS.

4. Umur blog.
Ibarat kelapa: makin tua makin banyak santannya..whakakak. Lagi-lagi ini dari pengalaman saya, semakin tua usia sebuah blog semakin besar pula peluang nembus top SERP. Kenapa demikian? Karena, backlink maupun link popularity-nya sudah banyak. Maka jangan heran jika blog-blog populer milik master biasanya pengunjungnya rame karena ibaratnya apapun yang ditulis selalu masuk top SERP.

Aaah, capek juga nulis panjang lebar. Saya tak minum dulu...slrupppp. Seger!!!
Oke, sekarang gimana tips SEO agar blog masuk halaman pertama SERP? Sejauh ini tampaknya belum ada teknik yang baru. Saya sendiri masih enjoy pake teknik jadul ini:

1. Mendaftarkan blog ke search engine.

2. Memasang meta tag.
Caranya: masuk Layout, Edit HTML, beri centang, lantas masukkan script berikut ini di bawah kode <title><data:blog.pageTitle/></title>.

<meta content=' Deskripsi blog anda' name='description'/>
<meta content='keyword1 keyword2 keyword3 ...' name='keywords'/>
<meta content='INDEX, FOLLOW' name='ROBOTS'/>
Tulisan warna merah sesuaikan dengan blog anda.

3. Menggunakan layanan Google Webmaster tool.
Caranya: buka Google Sitemap, masukkan akun anda, masukkan URL blog, klik Add site, klik Verify your site, pilih Add a meta tag, kopi kode yang ada di situ lalu taruh di bawah kode <head>.

4. Nembak keyword dengan jitu.

5. Bikin dummy blog untuk menambah backlink.

Sekian, semoga bermanfaat. Salam ngeblog.



Sumber. http://wawanwae.blogspot.com/


0 Komentar:

Posting Komentar

Saran dan Kritik bersifat membangun....
Gunakan kata-kata yang baik (berPendidikan)..
Makasi buat respon'nya Om/Tant ...
^^v

Artikel yang Berhubungan

 

Tukeran Link & Banner

::Link::

Abed GoBlog


::Banner::


Teknik SEO untuk Optimasi BLOG